Friday, July 28, 2017

Mencucup Ujung Botol Minum

7 Hari Tantangan Menulis Basabasi Store  (Line @zog5070k)

"Setiap orang kan memiliki sifat yang membuat orang lain tidak nyaman." Kata mas Nanda kepadaku.

Kita akan pandai menilai keburukan orang lain yang biasanya membuat kita tidak nyaman dan ilfeel. Namun untuk menilai sesuatu yang aneh pada diri sendiri, yang membuat orang lain ilfeel itu bukan hal yang mudah.
Botol Minum Every Where

Bagaimana orang lain mengatakan kepada kita kalau sedang ilfeel? Biasanya akan menjadi bahan pembicaraan dengan lawan bicaranya yang bukan kita, bergosip. Yang mampu  mengatakan langsung bahwa apa yang kita lakukan akan membuat orang ilfeel biasanya adalah orang yang dekat dengan kita.

Itu belum cukup. Setiap orang berbeda tingkat sensitifitasnya, ada yang ilfeel dengan orang yang jarang mandi dan ada yang biasa saja, ada orang yang ilfeel dengan orang yang sombong dan ada yang biasa saja, ada yang ilfeel dengan ini atau itu lainnya dan ada yang biasa saja.

Jadi, hari ke lima adalah pertanyaan yang sulit. Namun kata riskan pada kalimat 'keanehan apa yang kamu punya, yang itu riskan sekali membuat orang lain ilfeel' mempermudah kita memilih keanehan pada diri kita. Kata riskan sama seperti kata paling, yang menunjukkan berpotensi lebih banyak orang ilfeel.

Keanehan biasanya merujuk pada sesuatu yang orang lain tidak atau jarang miliki. Ini juga kata kunci untuk memilih apa yang membuat orang lain ilfeel.

Oke, cukup sudah bertele-tele untuk hanya membahas keanehan pada diriku yang membuat orang lain ilfeel. Ini hanya penguluran waktu karena sebenarnya lebih sulit mengenali keanehan pada diri kusendiri dari pada orang lain, apalagi yang harus kita tahu bahwa itu membuat orang lain ilfeel

"Kalau minum jangan dicucup!" Sering temanku berkata itu.

Mungkin, caraku minum dibotol dengan mencucup ujung botol minum. Bayangkan kalau itu botol minum untuk minum bersama? Bisa saja air liurku masuk dan tercampur dengan air dalam botol. Belum lagi kalau ada sisa-sisa makanan lepas dari mulutku saat minum. 


Karena kebiasaan ini sulit ku rubah, dan takut membuat orang lain ilfeel atau tidak nyaman, maka aku membawa botol minum pribadi kemana saja. Aku bebas meminum dengan caraku dengan botol minum pribadi. Jika ada teman yang haus dan meminta air minumku, itu akan menjadi masalah mereka jika ilfeel dengan cara minumku. Bukan masalahku, karena itu botol minumku. 

Dan aku yakin, temanku yang meminta minum meski yang mengetahui cara minumku dibotol, mereka tidak ilfeel atau bermasalah dengan cara minum mencucup ujung botol seperti itu. Maka aku sepakat dengan mas Nanda yang mengatakan bahwa setiap dari kita memiliki sifat yang membuat orang lain tidak nyaman. Namun itu bukan berarti semua orang tidak nyaman dengan sifat itu. Tapi, dengan tahu apa yang membuat orang lain ilfeel dengan apa yang ada pada diri kita itu membantu kita mengenali diri sendiri. Baik untuk memperbaiki diri jika memang kebiasaan atau keanehan itu  sesuatu yang kurang baik.



No comments:

Post a Comment