Monday, July 25, 2016

Pendekatan Psikologi; Lirik Lagu Wonderful Tonight

It's late in the evening, she's wondering what clothes to wear.
She puts on her make-up and brushes her long blonde hair.
And then she asks me, "Do I look all right?"
And I say, "Yes, you look wonderful tonight."
...

Ini penggalan lagu yang diciptakan Eric Clapton pada tahun liris 1977. Wonderful tonight menjadi salah satu judul lagu pada album Slowhand. Aku menyukai lirik lagunya yang dibuat rangkaian alur cerita dari awal persiapan berangkat ke pesta sampai kembali pulang. 
Sumber Foto: http://assets.kompasiana.com/statics/crawl/555dbb720423bdec1c8b456a.jpeg?t=o&v=700


Lirik lagu menjadi salah satu karya sastra selain novel, cerita pendek, dan puisi yang sering aku dan teman-teman analisis di kelas saat kuliah dijurusan Sastra Inggris. Banyak pendekatan dan teori yang dosen ajarkan kepada kami, seperti pendekatan sosial, pendekatan psikologi, teori psikologi, teori sosial, marxis, feminis, dan beberapa teori lain. Di kelas, kami paling menggemari pendekatan psikologi. Bahkan dalam tugas akhir, skripsi, aku juga menambahkan pendekatan psikologi untuk menjembatani karya sastra dengan teori yang kupakai untuk menganalisis. Dosenku mengatakan penggunaan sebuah pendekatan dalam skripsi bertujuan agar analisis tidak sekedar tentang tokoh fiksi dalam cerita namun juga bagaimana proses terjadi karya sastra tersebut, juga agar mahasiswa Sastra tidak seperti dokter yang menganalisis kejiwaan tokoh fiksi sebagai pasiennya.

....
We go to a party and everyone turns to see
This beautiful lady that's walking around with me.
And then she asks me, "Do you feel all right?"
And I say, "Yes, I feel wonderful tonight."
....

 Ini kelanjutan lagu Wonderful tonight. Lagu tentang cinta yang membuatku jatuh cinta dengan lagu ini. Sebenarnya aku hanya sedang merindukan berada di kelas dan menganalisis karya sastra. Aku memilih lirik lagu ini dengan pendekatan psikologi. Dalam pendekatan psikologi ada tiga hal; psikologi penulis, psikologi tokoh fiksi dalam karya sastra, dan psikologi pembaca.

Ini salah satu kuotasi yang ada dalam skripsiku dalam bab penjelasan tentang pendekatan psikologi. “In general the application of psychological knowladge to art can generate three kinds of illumination. First the application of psychological knowladge to art provides a more precise language with which to discuss the creative process in which this critic brilliantly examines the unconscious relations between writer and reader, the second application goes back to study their art, and the third psychology can be used to explain the fictitious character.” (Scott, 1961:71-72)

Psikologi penulis dalam pendekatan psikologi adalah proses kreatif penulis. Menganalisis apa yang sedang terjadi pada penulis pada saat karya sastra diciptakan.

Psikologi tokoh fiksi merupakan analisis dari tokoh-tokoh yang ada dalam karya sastra. Bagaimana kejiwaan dalam karakter setiap tokoh dalam karya sastra.

Karya sastra selain merupakan cerminan kehidupan dimana sebuah karya sastra terpengaruh dengan kehidupan. Karya sastra juga mampu mempengaruhi psikologi pembaca.

....
I feel wonderful because I see
The love light in your eyes.
And the wonder of it all
Is that you just don't realize how much I love you.
....

Ini masih kelanjutan lirik yang belum berakhir. Tokoh I (aku) dalam lagu ini sedang jatuh cinta kepada seorang wanita dengan rambut panjang berwarna pirang. Tokoh aku melihat bagaimana cantik wanita yang sedang pergi ke pesta dengannya. Tokoh aku yang sedang jatuh cinta melihat semua yang ada pada wanita itu tampak indah dan apa yang dilakukan dengan wanita yang bingung memilih baju untuk ke pesta menjadi menyenangkan.

Pada tahun lagu ini dibuat, Clapton sedang jatuh cinta pada Pattie Boyd yang bercerai dengan Goerge Harrison gitaris The Beatles pada tahun yang sama dengan dibuatnya lagu ini. Clapton dan Boyd pernah pergi bersama ke pesta, konser Paul McCartney.

Saat aku mendengar lagu ini dan membaca liriknya, perasaan orang-orang jatuh cinta begitu terasa. Pendengar lagu atau pembaca lirik lagu ini akan merasakan seperti itulah perasaan orang jatuh cinta, semua terasa wonderful.

....
It's time to go home now and I've got an aching head,
So I give her the car keys and she helps me to bed.
And then I tell her, as I turn out the light,
I say, "My darling, you were wonderful tonight.
Oh my darling, you were wonderful tonight."


Pattie masih berstatus istri dari George Harrison, gitaris The Beatles

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/edukrisna/pattie-boyd-sosok-di-balik-lagu-cinta-eric-clapton_5500fcffa33311a114510ae6

No comments:

Post a Comment